Tuesday, September 9, 2008

Daop VIII Surabaya Sediakan 40.066 Tempat Duduk

PT Kereta Api Daerah Operasi (Daop) VIII Surabaya akan menyediakan 40.066 tempat duduk untuk mengantisipasi penumpang yang akan mudik lebaran tahun 2008. Kapasitas tempat duduk sebesar itu digunakan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah calon penumpang yang akan mudik dari Surabaya.
”Kita prediksikan jumlah penumpang angkutan lebaran kali ini dari Surabaya sebesar 758.368 penumpang,” kata Kepala Daerah Operasi VIII Mulianta Sinulingga kepada tabloid-onboard.com di Surabaya, kemarin.
Menurutnya, kapasitas penumpang sebesar itu terdiri dari layanan kereta api reguler jarak jauh sebesar 12.174 kapasitas, kereta reguler jarak dekat sebesar 13.216 kapasitas, kereta api lokal (KRD dan Komuter) sebesar 12.724 kapasitas, dan kereta tambahan khusus lebaran yang diusulkan sekitar 1.952 kapasitas.
Pada kesempatan itu, Mulianta juga mengatakan bahwa pihaknya akan membatasi jumlah penumpang KA Ekonomi hingga maksimal 150 persen dari kapasitas angkut kereta api. Sedangkan untuk KA Bisnis diberikan toleransi hingga maksimal 125 persen. ”Kami juga membatasi jumlah pembeli karcis, satu pengantre hanya bisa membeli maksimal untuk empat orang,” ujarnya.
Sebagai tambahan layanan terhadap calon penumpang selama masa angkutan lebaran ini, Daop VIII akan menyiapkan pos kesehatan di beberapa stasiun seperti Stasiun Gubeng, Pasar Turi, Surabaya Kota, Wonokromo, Sidoarjo, bangil, Malang, Blitar, dan Babat. ”Kami juga akan menayangkan sisa tempat duduk selama tujuh hari di reservasi Surabaya Gubeng dan Pasar Turi, termasuk jadwal dan tarif,” kata Mulianta.
Menurutnya, tarif dan sisa tempat duduk untuk kereta api yang pelayanan tiketnya sudah menggunakan sistem online, bisa diakses lewat internet di www.kereta-api.com. (has)

.

No comments: